Senin, 22 Maret 2021

Sulit Konsentrasi ? Makanan ini Dapat Meningkatkan Konsentrasimu, Loh !

 

Konsentrasi
Konsentrasi

Makanan yang kita makan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Makan makanan yang meningkatkan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang. Otak adalah organ yang padat energi, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari. Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan sel, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer. 

Untuk itu berarti saah satu cara meningkatkan konsentrasi dan kesehatan otak kamu adalah harus menjaga makananmu. Berikut adalah rekomendasi makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar :

1. Minyak ikan. Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel otak. Oleh karena itu, mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

2. Coklat hitam (dark chocolate)

Coklat hitam mengandung kakao, juga dikenal sebagai kakao. Kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi pada penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak.

3. Buah beri.  Seperti cokelat hitam, banyak buah beri mengandung antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membuat buah beri makanan yang baik untuk otak. Antioksidan membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Antioksidan dalam buah beri termasuk antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

4. Biji-bijian utuh. Makan biji-bijian adalah cara lain untuk mendapatkan manfaat dari efek vitamin E, dengan biji-bijian ini menjadi sumber vitamin yang baik.

5. Kopi. Kopi adalah alat bantu konsentrasi yang terkenal - banyak yang meminumnya agar tetap terjaga dan mendorong fokus. Kafein dalam kopi memblokir zat di otak yang disebut adenosin, yang membuat seseorang mengantuk.

0 komentar:

Posting Komentar