Jumat, 04 Desember 2020

Perbandingan Aplikasi Android dan Berbasis Web

 

Aplikasi android
Aplikasi android

Sistem Android yang sudah dikembang oleh Andry Rubin sejak tahun 2003 ini terus merajai dunia pada sistem operasi sebuah mobile. Berdasarkan laporan dari Global Stashot menyebutkan bahwa ada sekitar 72,9% pengguna mobile menggunakan sistem android yang mana digunakan sebagai sistem informasinya. Tidak heran pula setiap perusahaan ataupun perorangan banyak juga menggunakan dalam membuat aplikasi tentunya. Aplikasi berbasis web atau sama halnya dengan sistem operasi yang digunakan pada setiap gadget mobile digunakan untuk layanan informasi.

 


Membuat Aplikas pada Sistem Android

 

Tentukan terlebih dahulu aplikasi apa yang akan dibuat agar tidak mudah membingungkan dalam mencapai tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam membuat aplikasi pada sistem android. Membuat aplikasi android sangat perlu diperhatikan dalam kemudahan dalam penggunaan, tampilan menarik dan bisa digunakan berbagai platform harusnya. Tentu harus menonjolkan keunggulan aplikasi yang dibuat dengan aplikasi yang setara atau sejenis.

 

1. Perangat yang Tepat

Langkah dalam membuat aplikasi android setelah mempertimbangkan semuanya apa yang akan dibuat untuk aplikasi yaitu dengan memilih perangkat lunak yang aplikasi tersebut. Membuat aplikasi android ini terbilang sangat sulit dengan dibutuhkan coding begitu rumit. Bahkan, sekarang ada sistem software khusus membuat aplikasi android tanpa menggunakan sebuah coding yang rumit tadi.B Biasanya ada yang gratis digunakan ataupun secara berbayar didapatkannya, keuntungannya pun juga akan lebih besar karena bisa mendapatkan uang lewat aplikasi ini. Contohnya saja seperti aplikasi Appery, Mobile Roadie, The App Builder, AppMakr, dan ShoutEm. Perhatikan juga fitur-fitur yang dibuat dalam software tersebut sesuai kebutuhan pada aplikasi android.

 

2. Merancang Aplikasi

Masuk kedalam rancangan sebuah aplikasi perlu login dan memasukkan alamat email dan juga password. Dalam contoh menggunakan software ini setelah masuk bisa memilih aplikasi sesuai keinginan contohnya saja radio, musik, bisnis, dan juga sebagainya. Kemudian bisa pilih tema aplikasi yang menarik dan sesuai tentunya. Lalu tambahkan foto atau sebuah gambar yang sesuai dengan ukuran cukup besar. Tambahkan fungsi ataupun aktivitas pada sebuah aplikasi tersebut. Fungsi-fungsi ini tentu akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasinya. Sesuaikan juga dalam tampilan pada teks dan setiap kontennya. Dengan menautkan sebauh blog dalam mengisi RSS pada kiriman terbaru. Dan juga perhatikan tata letak disetiap fungsinya. Keunggulan pada software ini bisa dijadikan perantara bila ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah dibuat pada smartphone.

 

Inilah beberapa keunggulan dan tahapan untuk membuat aplikasi tentu harus diuji coba sebagai salah satu persyaratan untuk uji kelayakan agar aplikasi tersebut bisa digunakan dalam aplikasi berbasis web ataupun aplikasi android.

 


Keterkaitan dalam aplikasi berbasis web tentunya mempunyai beberapa keunggulan dan kelebihan dalam mengenai kelebihan dan kelemahan : 


1. Kelebihan

- Diakses melalui perangkat contohnya tabletdesktop, dan mobile

Tidak harus membutuhkan spesifikasi yang begitu besar dalam menjalankan website

- Tidak perlu harus ada lisensi yang terkait pada website

- Dapat digunakan berbagai sistem operasi seperti Linux. Mac, Windows, dan lain-lain

- Tampilan dapat dilihat dimanapun dan kapanpun asal terhubung ke jaringan internet yang begitu stabil

 

2. Kelemahan

- Membutuhkan jaringan internet yang stabil agar website iniyang digunakan dapat terkoneksi dengan baik

- Membutuhkan sistem keamanan pada jaringan yang baik dari sisi server, browser, dan client. Sebab, website sangat begitu rentan untuk dimasukkan dalam berbagai virusmalware, dan trash yang berasal dari internet. Dan yang lebih berbahaya lagi yaitu sebuah situs yang diretas oleh hacker apabila sistem keamanan tidak ada.

0 komentar:

Posting Komentar