Kamis, 08 Oktober 2020

Pentingnya Mempelajari Polis sebelum Memilih Asuransi Jiwa Syariah

Polis asuransi jiwa syariah
Memilih asuransi jiwa yang tepat

Kebanyakan orang ketika ingin menggunakan asuransi syariah hanya fokus pada besaran premi dan manfaat secara luas. Padahal penting sekali bagi Anda untuk mempelajari berbagai poin dalam polis asuransi jiwa syariah yang rencananya akan Anda gunakan.Dengan begitu, Anda akan benar-benar memahami hak dan kewajiban Anda.


Hal yang Harus Diperhatikan pada Polis Asuransi Syariah

Secara umum polis merupakan dokumen hukum yang memberikan uraian mengenai hak dan kewajiban antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. Ada beberapa poin yang wajib Anda perhatikan pada polis asuransi syariah ini. Berikut penjelasannya :

  1. Data Pihak Pemegang dan Pihak Tertanggung

Semua hal berkaitan asuransi Anda akan diatur secara penuh dalam polis asuransi. Untuk itulah, pastikan bahwa data-data yang ada di dalam polis tersebut adalah benar, baik pihak pemegang atau pemilik polis dan ahli waris atau pihak yang nantinya akan mendapatkan pertanggungan. Ketika ada satu saja data yang ternyata tidak benar, maka proses klaim bisa mengalami penolakan akibat dianggap melakukan fraud atau memberika data palsu.

  1. Pelajari Manfaat Produk

Hal lain yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah masalah manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih produk tersebut. 

Pastikan manfaat yang ditawarkan tersebut sudah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan pada asuransi jiwa syariah.Perhatikan seperti berapa besaran uang yang akan diterima ahli waris jika peserta meninggal dunia. 

Selain itu perhatikan juga jangka waktu pertanggungan tersebut. Sehingga ada gambaran sampai umur berapa perusahaan akan menanggung risiko jiwa Anda. Perhatikan juga pada masalah cara mengklaim asuransi jiwa. Pastikan cara yang ditawarkan cukup mudah dan sederhana tidak berbelit-belit.

  1. Pembayaran Premi

Nah yang tidak kalah pentingnya ketika membaca polis asuransi jiwa adalah masalah premi. Untuk bagian ini perhatikan saja pada beberapa poin seperti berapa jumlah premi yang wajib Anda bayarkan setiap kali membayar.

Lalu cari juga informasi periode pembayaran apakah setiap bulan, enam bulan sekali atau bahkan tahunan. Perhatikan juga cara pembayaran apakah bisa dengan cara mentransfer atau harus datang ke perusahaan.

Jangan lupa juga mempelajari hukum jika telat membayarkan premi. Agar Anda bisa menghitung beban yang akan dikeluarkan ketika terlambat membayar.

  1. Aturan Pengecualian

Selain itu Anda juga harus mempelajari beberapa hal yang masuk ke dalam aturan pengecualian ketika menggunakan asuransi jiwa syariah. Ini penting untuk diketahui agar Anda tidak kaget ketika tiba-tiba klaim ditolak.

Biasanya ada beberapa pengecualian seperti tidak berlaku jika meninggal karena bunuh diri, melakukan tindak kejahatan, eksekusi hukuman mati dari pengadilan.


Polis menjadi bagian yang sangat penting ketika Anda ingin menggunakan layanan terutama asuransi jiwa syariah. Dengan mempelajari setiap poin polis, Anda akan lebih memahami manfaat apa saja yang bisa Anda terima dari produk asuransi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar