Minggu, 13 September 2020

Penjelasan Tentang Semua Makhluk Hidup

Makhluk hidup
Kartun berbagai makhluk hidup yang ada di Bumi


Makhluk hidup merupakan memiliki banyak berbagai jenis organisme dari hewan, tanaman, jamur, ganggang yang mana mudah ditemui di alam. Manusia pun merupakan termasuk dalam kategori makhluk hidup. Bahkan bakteri, protozoa, archaea ini juga termasuk dalam makhluk yang kecil. Makhluk hidup dapat ditemukan disetiap jenisnya yang ada di Bumi. Meskipun juga organisme ini sangat berbeda dengan yang lainnya, semua makhluk hidup memiliki kesamaan yaitu diturunkan dari satu leluhur yang mereka semua sama yaitu hidup. Makhluk hidup ini yaitu makhluk yang memiliki banyak ciri kehidupan berevolusi bahkan mengalami perkembangan bentuk hidup.


Makhluk hidup ini memiliki ciri proses yang sangat diperlukan untuk kehidupan. Kategori sebagai makhluk hidup memiliki beberapa ciri, yaitu :


1. Bergerak

Memiliki kemampuan untuk bergerak dengan cara tertentu tanpa memiliki bantuan yang dari luar ataupun dalam. Pada gerakan tersebut dari aliran dalam organisme atau pergerakan pada eksternal organisme.


2. Peka Rangsangan

Semua makhlup hidup dasarnya sangat mampu bereaksi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya. Reaksi yang timbul sebab ada rangsangan dari berbagai lingkungan. Rangsangannya pun bisa dari panas, dingin, cahaya, bau, sentuhan, rasa, grativikasi, dan juga lainnya.


3. Bernafas

Proses yang mengambil sebuah oksigen dari lingkungan yang kemudian mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen mampu mengubah zat makanan yang menjadi energi secara kimiawi, energi digunakan dalam berbagai aktivitas.


4.Nutrisi

Air dan makanan adalah bagian dari nutrisi yang sangat amat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Makanan ini berfungsi sebagai menghasilkan energi, pertumbuhan, dan juga mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Air ini berfungsi sebagai zat pelarut dalam tubuh.


5. Tumbuh

Makhluk hidup ini juga mengalami masa pertumbuhan, yang mana dari kecil menjadi besar. Pada contohnya bayi, ini akan terus berkembang menjadi manusia yang dewasa atau besar. Biji tumbuhan yang ditanam akan juga menjadi kecambah dan akan berakhir sebagai tanaman besar.


6. Berkembang Biak

Ketika reproduksi atau berkembang biak maka akan membuat makhluk hidup baru. Dan tidak semua makhluk hidup ini melakukan reproduksi dengan membutuhkan saling pasangan-pasangan atau reproduksi seksual.


Pada mikroorganisme ini kecil seperti jamur, protozoa, bahkan bakteri aseksual atau pun reproduksi tanpa pasangan. Bisa membelah diri kemudian menjadi bagian yang baru bisa mencari makan, tumbuh, bergerak, dan masalah kegiatan lainnya. Makluk hidup membutuhkan pasangan yaitu mamalia, manusia dan burung.


7. Eksresi

Udara panas tubuh pasti akan mengeluarkan keringat, bahkan pula ketika berolahraga. Diruan dingin tubuh akan sering buang air kecil. Keringat merupakan garam mineral dan juga urin merupakan zat sisa yang dikeluarkan makhluk hidup.

Karbon dioksida dan juga uap air zat ini sisa dari proses respirasi yang mana mengeluarkan zat sisa tersebut dinamakan eksresi. Zat sisa ini bersifat racun dan tidak baik lagi untuk kesehatan bagi tubuh.


8. Beradaptasi

Makluk hidup untuk bertahan dilingkungannya, bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana tempat makhluk hidup dapat melakukan aktivitasnya yang disebut habitat. Maka apabila makhluk hidup tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka akan mati dan berpindah ke lingkunganya yang baru.


9. Memerlukan Suhu

Semua makhluk hidup memerlukan suhu-suhu tertentu yang mana ikan hidup di air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai 30 derajat, pada jenis bakteri dapat dengan suhu sekitar 80 derajat, tumbuhan pun dapat hidup diantara suhu 0-43 derajat celcius. 


Dengan adanya ciri-ciri tersebut maka ada beberapa klasifikasi makluk hidup lainnya merupakan suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari perubahan lingkungan dan berkembang biak dengan melestarikan jenisnya.

0 komentar:

Posting Komentar