Sabtu, 19 September 2020

Jangan Skip, Ini 5 Tips Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Lari
Olahraga lari

Pendinginan setelah olahraga nggak kalah penting dengan pemanasan sebelum olahraga lari. Melakukan beberapa gerakan pendinginan selama beberapa menit setelah lari bisa membantu memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi resiko cidera. Setelah melakukan pendinginan, lanjutkan dengan bersihkan badan dengan mandi pakai sabun mandi medicare supaya bebas dari bakteri penyebab berbagai masalah kulit. 


Ngomongin soal pendinginan setelah olahraga lari, ada beberapa gerakan pendinginan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah kamu melakukan olahraga lari. Beberapa gerakan pendinginan tersebut adalah :


1. Peregangan paha kaki

Yang harus kamu lakukan adalah berdiri tegak, tari kaki kanan ke belakang pantat. Rasakan tusukan di paha depan kanan kamu. Tahan posisi ini selama 15 detik dengan menjaga keseimbangan. Setelah itu, tukar dengan kaki kiri.


2. Peregangan betis kaki

Ambil posisi berdiri tegak dengan kaki kanan dan kaki kiri di belakang, sejajar dengan punggung. Pastikan kedua kaki sepenuhnya menapak lurus dan menghadap depan. Tekuk kaki kanan depan secara perlahan, kemudian turunkan posisi tubuh sedikit. Posisi ini bikin kamu merasakan tarikan di betis belakang kaki kiri kamu. Lakukan gerakan ini selama 15 detik. 


3. Peregangan daerah hamstring

Berdiri dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Jaga kaki kanan lurus kemudian tekuk kaki kiri. Letakkan tangan di pinggang, angkat bagian depan telapak kaki kanan sehingga yang menapak hanya bagian tumit.Dengan posisi kaki kiri menekuk, tekuk badan kamu ke arah kaki kanan. Jaga posisi punggung lurus selama proses peregangan 15 detik ini. 


4. Peregangan dengan menarik kepala ke arah lutut

Ini adalah salah satu peregangan yang umum dilakukan oleh para pelari. Duduk dengan posisi kaki kanan menekuk ke dalam dan kiki kiri tetap lurus. Tekan telapak kaki kanan ke paha kaki kiri, tekuk badan ke arah kaki kiri sampai kepala kamu menyentuh lutut. Berdiamlah dengan posisi ini selama 30 detik, kemudian tukar posisi kaki. 


5. Peregangan low lunge

Letakkan lutut kanan di permukaan dan kaki kiri lurus ke depan. Taruh kedua tangan di permukaan, kemudian tekuk badan kamu ke depan 90%. Tekan badan kamu dan tahan posisi ini selama 60 detik sebelum tukar kaki. 


Nah, setelah kamu melakukan pendinginan di atas, maka selanjutnya jangan lupa bersihkan badan dengan mandi menggunakan sabun mandi Medicare. Kamu yang aktif bergerak lari bisa pilih varian sabun mandi anti bakteri Lemon Fresh (Refreshing with Lemon Extract) untuk sensasi bersih menyegarkan, atau Active Blue (Against Bacteria, No Compromise) yang efektif basmi kuman dan bakteri. Sabun anti bakteri Medicare punya formula revolusioner Zebacth 100. Tanpa kandungan TCC & Triclosan, ampuh bunuh 99.99% bakteri dan atasi semua masalah kulit kamu !

0 komentar:

Posting Komentar