Selasa, 03 Desember 2019

Mengapa usaha Toko Kelontong Penting Bagi Perekonomian Negara ?

Bisnis toko kelontong

Tidak heran jika bisnis toko kelontong masuk dalam daftar Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang mempunyai peran dominan dalam pertumbuhan perekonomian nasional hingga menembus angka 60 persen. Tidak hanya itu, bisnis ini juga memberikan sumbangsih yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Bisnis ini setidaknya selalu bisa menyerap satu, dua, tiga, empat, bahkan bisa mencapai belasan tenaga kerja dari masyarakat di sekitar mereka.

Kini, ditengah gonjang-ganjing naiknya dolar Amerika, boleh jadi para pengusaha bisnis kelontong justru bahagia karena mereka dalam posisi yang diuntungkan. Mengapa bisa begitu ? Pasalnya dengan kenaikan dolar Amerika terhadap mata uang rupiah, akan banyak masyarakat yang kemudian mengalihkan pembelian untuk memenuhi kehidupan mereka ke produk-produk buatan lokal. 

Namun, meski demikian para pengusaha kelontong ini tetap harus mawas diri dan tetap harus waspada terhadap tantangan-tantangan baru yang bisa saja menerpa bahkan menggerus bisnis mereka.

Pengusaha kelontong butuh pendampingan 
Persaingan bisnis toko kelontong ini memang semakin tinggi, dan memaksa para pebisnis di bidang ini harus senantiasa berbenah dan adaptasi terhadap tren yang selalu berubah. Oleh karena itu, para pengusaha toko kelontong ini membutuhkan pendampingan yang berkelanjutan

Pendampingan yang akan membantu mereka untuk mempertahankan hingga melebarkan sayap dalam bisnis tersebut. Nah, PT HM Sampoerna, Tbk, hadir untuk membantu kebutuhan pendampingan bagi para pengusaha toko kelontong. Melalui program Sampoerna Retail Community (SRC), PT HM Sampoerna, Tbk, berusaha membina para pengusaha kelontong untuk memaksimalkan usahanya.

SRC hadir hingga ke pelosok-pelosok desa untuk melakukan pembinaan pada pengusaha-pengusaha toko kelontong yang dinilai potensial untuk mengembangkan outlet nya. Setelah terpilih menjadi mitra Sampoerna, mereka kemudian dijadikan satu dalam sebuah komunitas yang disesuaikan dengan lokasi bisnisnya.

SRC memberikan kemudahan bagi siapapun, karena siapapun bisa bergabung menjadi anggota dari SRC ini. Syaratnya adalah harus memiliki bisnis toko kelontong yang telah dan masih beroperasi. Syarat lainnya adalah mau berkomitmen untuk maju dan mengembangkan bisnisnya.Dalam pendampingannya, pihak Sampoerna akan memberikan pembinaan, dukungan, hingga panduan kepada setiap toko kelontong yang menjadi mitra lewat program khusus bernama program peningkatan kapabilitas.

0 komentar:

Posting Komentar