Selasa, 27 Agustus 2019

Cara Menggunakan dan Kelebihan Mandiri E-Money

Zaman telah berubah dan bertransformasi. Segala hal berubah menjadi lebih smart dan simple. Salah satu aspek kehidupan yang paling terlihat perubahannya adalah aspek ekonomi termasuk perbankan. Tidak hanya barang, uang juga berubah ke dalam bentuk elektronik. Tidak selalu lagi dalam bentuk fisik. Mandiri E Money merupakan salah satu fitur dari bank Mandiri dalam hal uang elektronik. Berikut cara menggunakan dan kelebihannya.

Mandiri E Money

Apa Itu Mandiri E-Money ?
Secara sederhana dan agar mudah dipahami, Mandiri E-Money merupakan sebuah produk dari bank Mandiri yang merupakan bentuk uang elektronik. Jika Anda memilih untuk memiliki E-Money ini, maka Anda akan menerima kartu yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam transaksi. 

Sungguh sederhana, Anda hanya perlu menempelkan kartu pada reader atau bisa juga dengan menyerahkan kartu pada pelayan kasir. Dengan memakai sistem E-Money ini, Anda tidak perlu lagi membawa uang cash yang bisa jadi membuat repot atau membuat khawatir karena banyaknya kejahatan yang mengancam.

Cara Menggunakan Mandiri E-Money dan Pembayaran yang Bisa Menggunakan E-Money
Kartu ini bisa Anda gunakan pada banyak sekali kesempatan di antaranya:
  • Pembayaran di wahana hiburan, restoran, took yang berlogo e-money
  • Pembayaran Transjakarta, Transjogja atau Batik Solo Trans
  • Parkir dan TPE (Terminal Parkir Elektronik)
  • Transaksi di Tol di Jabodetabek, Bandung, Medan, Palikanci, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar
  • Pembayaran di SPBU yang berlogo e-money
  • Pembayaran kereta seperti MRT, Commuterline, Railink Kualanamu
  • Belanja di took-toko retail

Untuk cara penggunaannya sendiri mudah sekali. Misalnya Anda mau menggukan E-Money ini di gerbang tol, kamu tinggal menempelkan kartu pada alat reader yang ada di gardu tol. Cara lainnya, Anda juga bisa menyerahkan langsung kartu tersebut ke pelayan kasir tol jika Anda melewati tol manual. Lalu, jika Anda melewati di gardu tol otomatis dengan mesin OBU, maka transaksi akan lebih mudah. Melaju dengan kecepatan 10 km/jam, transaksi akan otomatis dilakukan dan saldo E-Money Anda akan berkurang dengan ditandai bunyi “bip” sebanyak 2x.

Selanjutnya, jika Anda berniat untuk bertransaksi di SPBU Pertamina, Indomaret, Alfamart atau yang sejenisnya, Anda bisa liat dulu apakah ada mesin reader yang disediakan. Jika memang mesin tersedia, maka Anda tinggal menempelkan kartu pada mesin. Jika tidak tersedia, maka Anda juga tinggal menyerahkan kartu E-Money Anda kepada pelayan atau kasir.

Penggunaan juga kurang lebih sama ketika Anda ingin menaiki Bus Trans entah itu Trans Jakarta, Trans Jogja, ataupun Batik Solo. Anda tinggal menempelkan kartu pada reader di halte bus. Maka saldo otomatis berkurang sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan. 

Kelebihan Mandiri E-Money
Ada berbagai kelebihan jika Anda memiliki kartu ini. Kartu ini bisa dimiliki oleh nasabah maupun non nasabah mandiri. Penggunaannya juga sangat mudah yaitu hanya melakukan tap atau menempelkan kartu pada mesin reader dan saldo akan berkurang otomatis.

Cara top up saldo juga tidak repot. Anda bisa melakukan top up di channel bank mandiri maupun merchant yang sudah bekerjasama dengan Mandiri. Kelebihan lain yang bisa Anda rasakan juga adalah kemudahan dalam membawa uang. Saldo yang ada di Mandiri E-Money tersebut bisa di top up maksimal 20 juta per bulannya. Nah, dengan itu, Anda bisa mnampung biaya transaksi Anda untuk naik MRT, beli bensin dll di dalam satu kartu saja.

0 komentar:

Posting Komentar